RSS

Paradigma

11 Jul

Tibalah saatnya Sang Raja berkeliling negeri untuk melihat keadaan rakyatnya. Pada perjalanannya itu, beiau memutuskan untuk berjalan kaki saja. Baru beberapa meter berjalan di luar istana kakinya terluka karena terantuk batu. “Ternyata jalan-jalan di negeriku ini jelek sekali. Aku harus menggunakan sepatu yang terbaik agar kakiku tidak terluka” Guman sang Raja.

Kemudian Sang Raja memanggil seluruh menteri istana dan memerintahkan untuk membelikan dirinya sebuah sepatu yang terbaik.

Di tengah-tengah perjalanan tersebut , seorang Alim menghampiri sang Raja.

“Wahai Paduka, mengapa Paduka memakai sepatu yang terbaik, sementara rakyat dibiarkan terluka karena tidak sanggup membeli sepatu.” Orang Alim itu memberikan pendapat.

Sejenak sang Raja termenung dengan ucapan orang alim itu, kemudia dia bertanya “Kalau begitu, apa yang harus kulakukan?”

“Mohon maaf paduka! Untuk membuat dunia menjadi tempat yang nyaman untuk hidup, kadangkala, kita harus mengubah cara pandang kita, jalan kehidupan yang kita tempuh masih terjal dan berbatu. Manakah yang kita pilih, memperbaiki jalan itu atau melapisi hati kita dengan kulit pelapis yang kuat hingga orang lain tidak bisa menembusnya” Orang alim itu memberikan jawaban.

 
Komentar Dinonaktifkan pada Paradigma

Ditulis oleh pada 11 Juli 2013 in Artikel

 

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: