RSS

Pendekatan dan Pemahaman Ilmu Pendidikan Islam

23 Apr

Pendekatan dan Pemahaman Ilmu Pendidikan Islam, terbagi pada empat bagian, yaitu :

1. Normatif-Perenialis (Islamic Education in Normatif and Perennialis Perspektive)

Fokus Kajian : Pengkajian ajaran pada Al-Qur’an dan Hadits yang didalamnya mengandung ajaran aqidah, akhlak dan syari’ah.

2. Filosofis (Islamic Education in Filosofical Perspektive)

Fokus Kajian : Filsafat Islam yang termasuk didalamnya adalah kajian Ilmu Kalam dan Ilmu Mantiq.

3. Sejarah (Islamic Education in Historical Perspektive)

Fokus Kajian : Sejarah Islam (Tarikh)

4. Aplikatif (Islamic Education in Applicative Perspektive)

Fokus Kajian : Konsep-konsep aplikasi pendidikan yang lebih konkret dan dapat diukur serta dilihat hasilnya, misalnya metodologi pengajaran bahasa Arab, metode baca tulis Al-Qur’an (Iqra, al-barqy, al-jabari, utsmani) dan lian-lain.

 
Komentar Dinonaktifkan pada Pendekatan dan Pemahaman Ilmu Pendidikan Islam

Ditulis oleh pada 23 April 2013 in Artikel

 

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: