RSS

Selamat Tahun Baru 1434 Hijriyah

15 Nov

Hijrah yang dilakukan Rasulullah SAW, telah membawa akibat-akibat positif bagi ummat Islam hingga saat ini :
1. Dari peristiwa ini, terjadi perubahan sosial. Islam sebagai sebuah kelompok/ golongan berkembang menjadi sebuah kesatuan Ummat Islam. Maka sirnalah diskriminasi warna kulit, kredo, ataupun kekayaan artinya semua muslim itu setara/ egaliter.
2. Rasulullah SAW tiba di Quba‘ pada tanggal 16 Juli 632 M. atau bertepatan dengan bulan Muharram, dari sinilah dimulainya perhitungan kalender Hijriyah.
3. Ketika di Madinah, diletakkan dasar-dasar khilafah (pemerintahan) Islam. Peristiwa bersejarah berupa perjanjian-perjanjian yang dibuat bersama dengan kelompok Yahudi dan beberapa suku yang lain menjadi panduan bagi generasi-generasi yang kemudian.
Sudah sepantasnya mengambil iktibar dari peristiwa hijrah ini. Bagaimana Rasulullah meneruskan perjuangannya di Mekkah dan Madinah. Maka kita tidak seharusnya lalai dari tanggung-jawab ini. Sebagai orang mukmin, kita mewarisi perjuangan Rasulullah, yaitu menyuruh orang melakukan kebaikan (amar ma’ruf) dan menegah orang dari kemungkaran (nahi munkar). Semoga Allah memberi kita taufik dan hidayah sepanjang hayat kita dan melanjutkan usia kita hingga dapat menyambut tahun-tahun hijrah yang akan datang dalam keadaan yang lebih baik dengan keimanan dan ketakwaan yang bertambah.

 
Komentar Dinonaktifkan pada Selamat Tahun Baru 1434 Hijriyah

Ditulis oleh pada 15 November 2012 in Artikel

 

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: