RSS

Orang yang Paling Bermanfaat

19 Jun

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah…

Marilah kita tingkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah SWT. dengan sebenar-benarnya dengan berharap betul semoga kita semakin cerdas memaknai arti kehidupan ini. Salah satu arti dan makna kehidupan seseorang adalah “apa yang dapat ia berikan kepada orang lain”, dan bagaimana agar pemberian itu bernilai ikhlas sehingga menjadi amal shaleh yang akan diterima di sisi Allah SWT.

Ajaran Islam sangatlah mensuport kepada kaum muslimin dan memberinya apresiasi yang tinggi kepada setiap muslim yang benar-benar beriman dan membuktikan imannya dalam bentuk kerja nyata yang bermanfaat untuk kemaslahatan ummat manusia.

Maka hampir pasti setiap ada kalimat iman di dalam Al-Qur’an senantiasa di gandeng dengan kalimat amal shaleh. Karena dengan iman dan amal shaleh itulah derajat dan kemuliaan manusia akan dapat diperolehnya, yaitu derajat Muttaqin.

Sungguh begitu berat untuk mencapai derajat muttaqin tersebut sehingga predikat muttaqin ibarat “Tropi” yang senantiasa diperebutkan oleh setiap muslim.

Rasulullah saw bersabda :

أَيُّ النَّاسِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ؟ وَأَيُّ الأَعْمَالِ أَحَبُّ إِلَى اللَّهِ؟ فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:أَحَبُّ النَّاسِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَنْفَعُهُمْ لِلنَّاسِ , وَأَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى سُرُورٌ تُدْخِلُهُ عَلَى مُسْلِمٍ , أَوْ تَكَشِفُ عَنْهُ كُرْبَةً , أَوْ تَقْضِي عَنْهُ دَيْنًا , أَوْ تَطْرُدُ عَنْهُ جُوعًا , وَلأَنْ أَمْشِيَ مَعَ أَخِ فِي حَاجَةٍ أَحَبُّ إِلَيَّ مِنْ أَنْ أَعْتَكِفَ فِي هَذَا الْمَسْجِدِ يَعْنِي مَسْجِدَ الْمَدِينَةِ شَهْرًا , وَمَنَ كَفَّ غَضَبَهُ سَتَرَ اللَّهُ عَوْرَتَهُ , وَمَنْ كَظَمَ غَيْظَهُ وَلَوْ شَاءَ أَنْ يُمْضِيَهُ أَمْضَاهُ مَلأَ اللَّهُ قَلْبَهُ رَجَاءً يَوْمَ الْقِيَامَةِ .

“Rasulullah saw ditanya tentang siapa orang yang paling dicintai Allah? dan perbuatan-perbuatan apa yang paling dicintai Allah? Nabi saw menjawab : “Orang yang paling dicintai Allah adalah orang yang paling bermanfaat untuk orang lain, dan perbuatan yang paling dicintai Allah adalah ; memasukkan kegembiraan pada seorang muslim, menghilangkan kesusahannya, melunasi hutangnya, mengusir kelaparannya, menyelesaikan sebuah hajat saudaraku, lebih aku sukai dari pada sebulan ber i’tikaf di masjid Nabawi, siapa orang yang dapat mengendalikan amarahnya maka Allah akan menutupi keburukannya, siapa yang mampu meledakkan emosi namun ia mampu mengendalikan emosinya, maka Allah akan memenuhi harapan hatinya di hari kiamat dan orang yang bersamanya.”

Dalam Hadits Rasulullah saw itu menjelaskan bahwa orang yang paling dicintai Allah adalah orang yang paling bermanfaat keberadaannya untuk orang lain. Semakin banyak manfaat yang diperoleh orang lain maka semakin besar pula kebaikan dan makna kesalihan amal kita di sisi Allah SWT.

Ma’asyiral Muslimin rahimakumullah…

Kurang lebih 1.500 orang mahasiswa unsika, akan melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yaitu dengan melaksanakan kuliah nyata mahasiswa. Program-program kerja yang akan dilaksanakannya selama satu bulan mudah-mudahan dapat memberi warna dan manfaat bagi masyarakat yang didatanginya dan mudah-mudahan apa yang mereka kerjakan nanti menjadi perbuatan yang dicintai Allah sebagaimana hadits nabi yang tadi disampaikan.

 
Komentar Dinonaktifkan pada Orang yang Paling Bermanfaat

Ditulis oleh pada 19 Juni 2012 in Artikel

 

Komentar ditutup.

 
%d blogger menyukai ini: